7 Tips Atasi Kecemasan Berlebihan Akibat Pandemi Corona

Tujuh tips efektif untuk mengatasi perasaan kecemasan berlebihan atau psikomatik akibat pandemi virus Corona.

7 Tips Atasi Kecemasan Berlebihan Akibat Pandemi Corona
Tips Viral - Pandemi Corona Covid-19 yang telah berlangsung selama beberapa waktu telah menimbulkan sejumlah kepanikan dan kekhawatiran tertentu.

Arus informasi yang terus-menerus mengalir, baik yang terpercaya maupun tidak, membuat seseorang lebih mudah panik, cemas, dan stres.

Pada beberapa kasus, kekhawatiran yang berlebihan akibat selalu terpapar informasi tersebut justru menyebabkan tubuh menciptakan gejala mirip virus Corona.

Akibatnya, seseorang akan berpikir bahwa ia telah terinfeksi. Kondisi ini dikenal dengan istilah psikosomatik akibat virus Corona.

ViralSopir Pakai Celana Dalam Sebagai Masker, Ini Saran Dokter

Secara umum, psikosomatik dipahami sebagai suatu kondisi atau gangguan ketika pikiran memengaruhi tubuh hingga memicu munculnya keluhan fisik tanpa adanya penyakit.

Bagaimana mengatasinya psikosomatik akibat pandemi Corona? Simak tujuh tips mengatasi kecemasan tubuh yang berlebihan akibat pandemi Corona berikut ini.

1. Carilah Sumber Informasi Terpercaya

Carilah Sumber Informasi Terpercaya
Ilustrasi: Vector Stock
Apakah televisi, grup whatsapp, media sosial Anda serta keluarga Anda selalu mendiskusikan tentang virus Corona?

Meski beragam informasi tersebut diunggah atau dikirim oleh keluarga atau teman, sebaiknya Anda perlu lebih hati-hati karena tak menutup kemungkinan bahwa berita tersebut merupakan hoaks. Bukannya merasa tenang, Anda justru bisa menjadi lebih cemas dan panik.

Pastikan Anda selalu memantau perkembangan virus Corona dari sumber informasi yang terpercaya. Misalnya, dari situs WHO  atau Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Anda pun perlu mengkonfirmasi dahulu kebenaran berita itu sebelum menyebarkannya ulang.

2. Istirahat Sejenak Update Seputar Corona

Istirahat Sejenak dari Update Seputar Corona
Ilustrasi: Vector Stock
Mengikuti perkembangan tentang virus Corona memang penting sebagai bentuk kewaspadaan. Akan tetapi, tidak sehat jika Anda terus-menerus membaca, mendengar, dan menonton berita baik melalui media sosial ataupun media lainnya.

Jadi, cobalah meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat, bersantai, dan melakukan berbagai aktivitas yang Anda sukai. Misalnya, membaca buku, mendengarkan lagu atau podcast, memasak, bermain game, olahraga, mengobrol dengan teman dan keluarga, dan lainnya.

Ketika mengobrol dengan teman-teman dan keluarga, usahakan agar Anda tidak terlalu fokus untuk membahas pandemi Corona ini. Dengan membatasi berita tentang virus Corona bisa membuat Anda tidak terlalu cemas dan khawatir.

ViralHotman Paris Ajak Kumpul 10Kg Beras untuk Warga Kurang Mampu

3. Berkomunikasi dengan Sahabat dan Keluarga

Berkomunikasi dengan Sahabat dan Keluarga
Ilustrasi: Vector Stock
Kebijakan pemerintah untuk tetap berada di dalam rumah telah diberlakukan di sejumlah wilayah Indonesia guna mencegah penyebaran virus Corona. Hal ini bisa saja membuat Anda menjadi lebih stres dan merasa kesepian.

Sebagai solusinya, Anda tetap berkomunikasi dengan orang-orang tercinta, seperti orang tua, teman, atau kekasih. Dengan ini, rasa panik, cemas, dan takut akibat pemberitaan virus Corona yang Anda alami dapat jauh berkurang.

Anda dapat menelepon atau memanfaatkan fitur panggilan video melalui ponsel atau laptop dengan anggota keluarga yang jauh, teman-teman, atau kekasih, sebagai salah satu cara agar tetap saling terhubung dan menjaga kesehatan mental.

4. Jaga Kesehatan dan Kebersihan Diri

Jaga Kesehatan dan Kebersihan Diri
Ilustrasi: Vector Stock
Penting sekali untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih dengan langkah-langkah seperti makan makanan yang bergizi seimbang. Anda pun perlu cukup minum air putih, minimal 2 liter untuk orang dewasa.

Olahraga rutin juga penting dilakukan. Istirahat cukup alias tidur selama 7-9 jam pun perlu. Sebaiknya hentikan merokok, dan minum alkohol. Selain itu Anda pun harus lebih sering mencuci tangan selama 20 detik. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Jaga jarak dengan orang yang sakit. Gunakan masker apabila sedang sakit, terutama sedang mengalami gejala penyakit pernapasan. Terakhir, penting sekali untuk Anda melakukan etika bersin dan batuk dengan benar menggunakan tisu atau siku bagian dalam.

Kegiatan berdoa dan meditasi juga mungkin bisa membantu Anda menjadi lebih tenang menghadapi serangan panik dan cemas yang berkecamuk di diri Anda saat pandemi Corona.

5. Jadwalkan Waktu untuk Diri Sendiri

Jadwalkan Waktu untuk Diri Sendiri
Ilustrasi: Vector Stock
Untuk menghindari kecemasan berlebihan akibat virus Corona, Anda bisa menjadwalkan waktu untuk dirimu sendiri, setidaknya selama setengah jam setiap harinya. Waktu tersebut bisa digunakan untuk melakukan kegiatan yang disukai atau melakukan sejumlah hal kreatif.

Pastikan selama waktu tersebut Anda tidak melakukan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Cobalah untuk menggali kekreativitas yang ada di dalam diri Anda. Fokus menciptakan sesuatu yang dapat Anda bagikan kepada dunia.

Hal-hal semacam itu akan sangat membantu untuk menghilangkan rasa kecemasan berlebihan. Anda juga bisa melakukan hal-hal kreatif lainnya yang memang sesuai dengan bidang yang diminati.

6. Tetap Menjaga Pikiran Positif

Tetap Menjaga Pikiran Positif
Ilustrasi: Vector Stock
Meski terdengar klise, tetap berpikir positif dapat membantu pikiran dan perasaan Anda menjadi jauh lebih tenang.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap memelihara pikiran yang positif. Mulai dari memberikan sugesti positif pada diri sendiri, lebih fokus pada hal-hal baik dan menyenangkan, hingga berbagi cerita dan canda dengan orang-orang tersayang.

Selain itu, pikiran positif dapat difokuskan dengan menemukan rutinitas yang bermanfaat serta merangsang kreativitas. Kegiatan tersebut dapat mengalihkan perhatian dan membuat Anda menjadi lebih tenang. Misalnya, dengan melakukan olahraga seperti, yoga atau pilates atau beribadah.

7. Bicara dengan Psikolog atau Petugas Kesehatan

Bicara dengan Psikolog atau Petugas Kesehatan
Ilustrasi: Vector Stock
Cobalah untuk mengumpulkan informasi yang akan membantu Anda secara akurat menentukan risiko sehingga Anda dapat mengambil tindakan pencegahan yang wajar.

Buat rencana, ke mana harus pergi dan bagaimana mencari bantuan untuk kebutuhan kesehatan fisik dan mental jika diperlukan.

Jika Anda masih merasa kewalahan, cobalah untuk berbicara dengan petugas kesehatan atau konselor.*

KOMENTAR

Nama

Foto Viral,3,Internasional,2,Nasional,11,Regional,7,Tips Viral,23,Trend Lifestyle,16,Trend Selebriti,13,Trending Now,38,Trending Topic,21,Video Viral,2,
ltr
item
Viral Trend: 7 Tips Atasi Kecemasan Berlebihan Akibat Pandemi Corona
7 Tips Atasi Kecemasan Berlebihan Akibat Pandemi Corona
Tujuh tips efektif untuk mengatasi perasaan kecemasan berlebihan atau psikomatik akibat pandemi virus Corona.
https://2.bp.blogspot.com/-i-psluSkdJ0/Xo0WFhqNcOI/AAAAAAAAAHM/fu_0oRKZGN829qCen6KMMGp7ET8wGQNjwCPcBGAYYCw/s640/7%2BTips%2BAtasi%2BKecemasan%2BBerlebihan%2BAkibat%2BPandemi%2BCorona.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-i-psluSkdJ0/Xo0WFhqNcOI/AAAAAAAAAHM/fu_0oRKZGN829qCen6KMMGp7ET8wGQNjwCPcBGAYYCw/s72-c/7%2BTips%2BAtasi%2BKecemasan%2BBerlebihan%2BAkibat%2BPandemi%2BCorona.jpg
Viral Trend
https://viral.kliktrend.com/2020/04/7-tips-atasi-kecemasan-akibat-corona.html
https://viral.kliktrend.com/
https://viral.kliktrend.com/
https://viral.kliktrend.com/2020/04/7-tips-atasi-kecemasan-akibat-corona.html
true
2113424021955600201
UTF-8
Semua Artikel Tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA TOPIK ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Salin semua kode Seleksi semua kode Semua kode telah disalin Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi