Tips Mengatur Pola Makan Balita, Atasi Anak Susah Makan

Tips mengatur pola makan anak secara bertahap dari usia empat bulan hingga lima tahun, untuk mencegah susah makan.

Tips Mengatur Pola Makan Balita, Atasi Anak Susah Makan

Tips Viral - Salah satu faktor anak susah makan adalah karena orang tua terlambat mengenalkan makanan padat pada si anak. Hal itu diungkapkan Menurut dr. Eva J. Soelaeman, SpA, spesialis gastrohepato nutrisi anak dari RSIA Harapan Kita, Jakarta,

Menurut dr. Eva, untuk mencegah sulit makan, balita sebaiknya diperkenalkan dengan makanan padat sedini mungkin sesuai dengan usianya. Dengan memperkenalkan aneka jenis bahan makanan, diharapkan anak semakin terbiasa dengan makanan rumah.

Bagaimana tahapan-tahapan dalam mengatur pola makan anak, sejak dini? Berikut ulasannya, sejak anak berusia empat bulan hingga lima tahun:

Usia Empat Bulan

Usia Empat Bulan
Ilustrasi - 500px
Setelah selama empat bulan mengonsumsi ASI sebagai makanan ekslusifnya, bayi sudah bisa diperkenalkan pada makanan "baru".

Misalnya, buah yang dilumatkan (pisang ambon, raja, kepok; avokat); air perasan jeruk; bubur tepung beras, beras merah, kacang hijau, serta maizena; atau bubur susu. Masa itu, bayi mulai bisa menggerakkan lidahnya untuk memindahkan makanan dalam mulut dari depan ke belakang.

Seandainya si anak menolak, bisa diganti untuk sementara dengan yang lain. Upaya ini hendaknya terus diulang. Orangtua hendaknya bersabar. Belum tentu mereka selamanya akan menolak.

Viral: Cara Ampuh Mengatasi Anak yang Sulit Makan

Usia Enam Bulan

Usia Enam Bulan
Ilustrasi - 500px
Memasuki usia enam bulan, anak sudah bisa mendapatkan nasi tim saring. Pada usia ini, anak sudah bisa mengatupkan bibir yang memudahkan mengonsumsi makanan lunak dari sendok dan mengunyahnya.

Bila ia menolak, mungkin karena rasanya tidak berkenan. Jangan dipaksa, tetapi perlu dicoba lagi dalam kesempatan lain. Sampai dengan usia sembilan bulan, anak masih diberikan bubur blender. Ketika sudah bisa mulai diajak makan bersama di meja makan, susunan makanan diusahakan sudah lengkap.

Yakni terdiri atas: sumber energi: karbohidrat (nasi, kentang, havermouth), sumber pembangun: protein (daging, ikan, ayam, telur, tahu, tempe, serta kacang-kacangan), serta sumber pengatur: vitamin dan mineral (sayuran seperti kangkung, bayam, labu kuning, buncis muda, wortel, serta buah-buahan macam pepaya, jambu biji, air jeruk, melon, avokat).

Usia 9-12 Bulan

Usia 9-12 Bulan
Ilustrasi - 500px
Pada usia 9 - 12 bulan menu makanan masih sama, hanya saja tidak lagi perlu dihaluskan. Madu hendaknya tidak diberikan. Pada usia ini pencernaan bayi masih sangat sensitif. Dikhawatirkan, madu mengandung bakteri yang menyebabkan pencernaannya terganggu.

Pada usia ini pula anak mulai belajar minum dengan gelas dan makanan yang bisa dipegang sendiri. Tuti mengingatkan agar anak tidak diberi kopi, teh, soft drink. Minuman tersebut bisa menghambat penyerapan zat besi.

Viral: Tips Sukses Menjadi Agen Asuransi

Usia Satu Tahun

Usia Satu Tahun
Ilustrasi - 500px
Usia setahun ke atas makanan keluarga hendaknya sudah mulai diperkenalkan. Namun, pengolahannya masih perlu penyesuaian. Misalnya, mula-mula bumbunya tidak tajam atau keras.

Pada usia tersebut pencernaan anak masih belum sempurna. Secara bertahap penyesuaian bisa dilakukan hingga pencernaan mereka benar-benar siap menerima makanan yang lebih beragam.

Usia 1-3 Tahun

Usia 1-3 Tahun
Tabel - Ist.
Di masa pertumbuhan anak usia 1-3 tahun, pencernaannya secara perlahan mulai mampu menyesuaikan dengan pilihan makanan yang beragam. Untuk dapat menyeimbangkan pola gizi dan makanannya, terlampir tabel contoh makanan anak usia 1-3 tahun.

Usia 3-5 Tahun

Usia 3-5 Tahun
Tabel - Ist.
Saat anak telah meninjak usia 3-5 tahun, pencernaanya telah siap untuk variasi pilihan makanan, terutama makanan keras. Terlampir tabel contoh makanan anak usia 4-5 tahun.* (Intisari)

KOMENTAR

Nama

Foto Viral,3,Internasional,2,Nasional,11,Regional,7,Tips Viral,23,Trend Lifestyle,16,Trend Selebriti,13,Trending Now,38,Trending Topic,21,Video Viral,2,
ltr
item
Viral Trend: Tips Mengatur Pola Makan Balita, Atasi Anak Susah Makan
Tips Mengatur Pola Makan Balita, Atasi Anak Susah Makan
Tips mengatur pola makan anak secara bertahap dari usia empat bulan hingga lima tahun, untuk mencegah susah makan.
https://2.bp.blogspot.com/-fFPq_kLnD6U/Xo_0hVL3ZbI/AAAAAAAAAGI/nzjHkP2RgTAboukpSs4ifxX9_IXFb336gCLcBGAsYHQ/s640/Tips%2BMengatur%2BPola%2BMakan%2BBalita%252C%2BAtasi%2BAnak%2BSusah%2BMakan.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-fFPq_kLnD6U/Xo_0hVL3ZbI/AAAAAAAAAGI/nzjHkP2RgTAboukpSs4ifxX9_IXFb336gCLcBGAsYHQ/s72-c/Tips%2BMengatur%2BPola%2BMakan%2BBalita%252C%2BAtasi%2BAnak%2BSusah%2BMakan.jpg
Viral Trend
https://viral.kliktrend.com/2020/04/tips-atur-pola-makan-atasi-anak-susah-makan.html
https://viral.kliktrend.com/
https://viral.kliktrend.com/
https://viral.kliktrend.com/2020/04/tips-atur-pola-makan-atasi-anak-susah-makan.html
true
2113424021955600201
UTF-8
Semua Artikel Tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA TOPIK ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Salin semua kode Seleksi semua kode Semua kode telah disalin Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi