Tips Ampuh Untuk Mendorong Anak Agar Rajin Belajar

Sejumlah tips ampuh bagi para orangtua untuk dapat mendorong anak agar rajin belajar dan menemukan minat serta bakatnya.

Tips Ampuh Untuk Mendorong Anak Agar Rajin Belajar

Tips Viral - Mendorong anak agar mau rajin belajar memang tak mudah. Terlebih pada anak yang masih terlalu kecil. Namun sejumlah kiat-kiat ini bisa Anda coba.

Berikan Anak Kepercayaan

Katakan padanya bahwa Anda percaya dan yakin akan kesanggupannya bekerja keras maupun menyelesaikan tugas sebaik mungkin. Ajak anak menyadari bahwa sekolah merupakan prioritas utamanya dibanding kegiatan apa pun, melebihi bermain, maupun kegiatan sosial lainnya.

Dukung kemampuan-kemampuan akademisnya. Bisa misalnya dengan berkunjung ke sekolahnya untuk mencari informasi berarti dari para gurunya.

Beri Perhatian pada Pelajarannya

Perlihatkan perhatian dan minat Anda pada hal-hal yang tengah dipelajarinya. Jagalah sikap dan berhati-hatilah menyampaikan pesan agar tidak terkesan membingungkan anak. Hindari komentar "menghibur" seperti, "Papamu juga dulu tukang bolos sekolah."

Pernyataan semacam itu hanya akan membuat anak kelewat gampang memaafkan dirinya sendiri saat ia gagal. Ia jadi tidak tergugah dan enggan mencoba memperbaiki kesalahannya.

ViralMengenal Jenis dan Manfaat Imunisasi Untuk Anak

Ciptakan Suasana Belajar yang Baik

Tak bisa dipungkiri, anak dari segala lapisan usia membutuhkan perlakuan tertentu sebelum mereka bisa duduk tenang dan mulai belajar. Libatkan anak saat menyusun jadwal belajar di rumah. Anak yang dilibatkan saat menyusun "peraturan" biasanya merasa terikat dan akan mematuhi peraturan tersebut.

Sedapat mungkin sediakan tempat yang cukup tenang dan sepakati waktu-waktu untuk belajar. Tentu saja sesuaikan dengan kebutuhan dan "ritme kehidupan" anak. Kesepakatan ini harus mendahului jadwal lain. Kapan boleh nonton TV, bersantai atau bermain dengan teman-temannya.

Tawarkan Bantuan Dalam Batas Tertentu

Tanpa sadar banyak orang tua yang mematahkan kemandirian anak dengan bersikap kelewat membantu. Anda memang wajib membantu, namun itu tidak berarti Anda harus sepanjang waktu mendampinginya menyelesaikan PR!

Akan lebih membantu bila Anda menunjukkan kesediaan menjawab pertanyaannya, menunjukkan cara-cara menggunakan referensi, membuka kamus atau kiat menghafal pelajaran tertentu. Mengajaknya ke perpustakaan bila perlu juga dianjurkan.

Dampingi Memecahkan Masalah

Kalaupun ia punya masalah, ulurkan pemecahan masalah. Mintalah dia mencari solusi terbaik menurut pemikirannya. Bila terkesan buntu, baru ajukan beberapa alternatif pemikiran Anda. Namun, biarkan ia membuat keputusan terbaik untuknya.

Dengan demikian anak terbiasa menentukan sikap dan belajar memikul tanggung jawab atas pilihannya. Bukankah ini berarti ia belajar mengembangkan kemandiriannya?

ViralCara Ampuh Mengatasi Anak yang Sulit Makan

Periksa PR-nya

Terutama berlaku bagi anak yang relatif masih kecil, kelas 1- 3 SD. Anak seusia mereka masih butuh petunjuk dan umpan balik dari orang dewasa untuk menguji kualitas hasil kerjanya. Kalau Anda menilai PR-nya dikerjakan namun secara sembrono, katakan apa adanya dan mintalah ia memperbaikinya.

Hanya saja, Anda perlu membedakan perlakuan bila anak mulai menginjak usia belasan tahun. Karena mereka sebaiknya mulai belajar bertanggung jawab sendiri atas semua pekerjaaan sekolah mereka.

Anda tak perlu kelewat cemas. Karena kalau Anda sudah jauh-jauh hari menanamkan kebiasaan belajar yang baik, si anak pasti akan dapat mengatur waktu dan tugasnya dengan baik pula. Kalau Anda mendapat laporan khusus atas nilai atau perilakunya, tak ada salahnya Anda kembali memeriksa PR-nya.

Biarkan Bersaing Secara Sehat

Tak sedikit orang tua membiarkan anak-anak mereka bersembunyi alias menolak tantangan dan situasi kompetitif. Para orang tua tipe ini begitu cemas dan sama sekali tidak ingin melihat anaknya gagal atau kalah bersaing.

Anak-anak yang terus-menerus menolak menghadapi berbagai situasi keras sebetulnya menampik kesempatan emas belajar dari kesalahan dan mengatasi segala rintangan. Kebiasaan ini justru akan mempersulit mereka sendiri saat mereka berhadapan dengan aneka tuntutan dari dunia luar.

Memang tidak mudah bagi orang tua menyaksikan anak mereka "berjuang". Tapi justru dengan cara itulah si anak belajar mengembangkan kebanggaan diri dan meningkatkan motivasi.

Jangan Remehkan Kemampuannya

Dalam situasi serba sulit antara tenggelam dan harus berenang (padahal ia tidak mahir), siapa pun pasti akan memilih berenang. Yang kerap terjadi, orang tua justru merendahkan kemampuan anak.

Membiarkan anak bergaul dengan teman-temannya yang sedikit lebih tua secara tidak langsung akan membantunya luwes bergaul dan "terasah" mengukur kemampuan dirinya.

Tentang Memilih Prioritas

Selain itu, ajarkan anak untuk belajar "mengorbankan" satu hal demi hal lain yang lebih penting. Anak memang umumnya kurang sabar. Tetapi Anda perlu menekankan pada mereka, kita tidak akan mendapatkan apa pun yang diinginkan secara gratis alias tanpa usaha.*

KOMENTAR

Nama

Foto Viral,3,Internasional,2,Nasional,11,Regional,7,Tips Viral,23,Trend Lifestyle,16,Trend Selebriti,13,Trending Now,38,Trending Topic,21,Video Viral,2,
ltr
item
Viral Trend: Tips Ampuh Untuk Mendorong Anak Agar Rajin Belajar
Tips Ampuh Untuk Mendorong Anak Agar Rajin Belajar
Sejumlah tips ampuh bagi para orangtua untuk dapat mendorong anak agar rajin belajar dan menemukan minat serta bakatnya.
https://1.bp.blogspot.com/-aFViK4yWKgU/XpPBzBf1j4I/AAAAAAAAAJc/qjFjoKIIaIID4FsMZ9OmHwv2wQZm9-yMACLcBGAsYHQ/s640/Tips%2BAmpuh%2BUntuk%2BMendorong%2BAnak%2BAgar%2BRajin%2BBelajar.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-aFViK4yWKgU/XpPBzBf1j4I/AAAAAAAAAJc/qjFjoKIIaIID4FsMZ9OmHwv2wQZm9-yMACLcBGAsYHQ/s72-c/Tips%2BAmpuh%2BUntuk%2BMendorong%2BAnak%2BAgar%2BRajin%2BBelajar.jpg
Viral Trend
https://viral.kliktrend.com/2020/04/tips-mendorong-anak-agar-rajin-belajar.html
https://viral.kliktrend.com/
https://viral.kliktrend.com/
https://viral.kliktrend.com/2020/04/tips-mendorong-anak-agar-rajin-belajar.html
true
2113424021955600201
UTF-8
Semua Artikel Tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA TOPIK ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Salin semua kode Seleksi semua kode Semua kode telah disalin Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi