Panduan Praktis Meningkatkan Kreatifitas Anak

Panduan praktis bagi orang tua agar dapat meningkatkan kreatifitas anak sebagai bekalnya untuk menghadapi masa depan.

Panduan Praktis Meningkatkan Kreatifitas Anak

Tips Viral - Bila ingin si kecil kelak menjadi orang yang berhasil dalam hidupnya, kreatifitas menjadi kunci utama yang harus ditumbuhkan para orang tua. Itulah yang kerap diungkapkan dalam ragam seminar Mempersiapkan Keberhasilan Anak di Era Milenium oleh para pakar.

Kreatifitas adalah kunci penting bagi masa depan anak. Dengan kreatifitas yang tinggi anak dimungkinkan untuk lebih mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Dengan kreatifitas pula, anak akan mampu menghadapi masalah dalam kehidupannya kelak.

ViralMeningkatkan Harga Diri dan Rasa Percaya Diri Anak

Kreatifitas Sebagai Faktor Penentu

Kreatifitas Sebagai Faktor Penentu
Ilustrasi - Ist.
Kreatifitas diyakini para pakar psikologi sebagai faktor penentu untuk menghadapi era milenium baru secara kompeten, memuaskan, dan berhasil. Anak yang memiliki kreatifitas biasanya memiliki kemampuan umum (yang antara lain bisa dihitung melalui tes IQ) di atas rata-rata.

Kemampuan umum di atas rata-rata biasanya adalah gabungan dari daya nalar yang bagus, berpikir rasional, kritis, dan juga kreatif. Bila hal ini dipadukan dengan motivasi internal yang tinggi, hasilnya adalah anak yang berbakat.

Jadi, meskipun si anak ber-IQ tinggi, kalau tidak punya kreatifitas dan motivasi internal, ya, sama sekali tidak ada artinya. Karenanya, kembangkanlah kreatifitas anak sejak dini. Salah satunya dengan memberi ruang agar ciri-ciri kreatif anak untuk terus berkembang.

ViralMemahami Penyebab Anak Tidak Merasa Percaya Diri

Bekal Bagi Kreatifitas Anak

Bekal Bagi Kreatifitas Anak
Ilustrasi - Ist.
Setidaknya, ada tiga hal penting yang perlu disiapkan orang tua sebagai bekal, agar kreatifitas anak-anaknya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Apa sajakah bekal yang dimaksud?

1. Pengetahuan

Pengetahuan tidak melulu didapat dari sekolah namun juga di luar sekolah. Penting untuk ditekankan di sini tentang kesadaran berteknologi pada anak. Teknologi memampukan anak mengembangkan pelajaran yang di dapatnya di sekolah.

Dengan penguasaan yang baik atas teknologi, anak juga belajar untuk memahami, tidak hanya apa yang terjadi di sekitarnya tetapi juga apa yang terjadi di belahan bumi lainnya.

Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan sejak kecil, akan lebih mudah bagi orang tua untuk mengarahkan si anak begitu ia dewasa.

2. Sikap

Manusia modern itu tidak sama dengan orang Amerika. Artinya, kita tidak usah sok kebarat-baratan agar bisa dibilang sebagai orang yang modern. Pengetahuan tetap luas, tetapi anak harus dididik mengenai bagaimana budaya kita sebagai orang Timur.

Anak yang senantiasa diarahkan untuk bersikap santun dan bersahaja (bukan kasar dan sok) akan menjadi anak yang berakhlak dan selalu menyadari bahwa diri mereka bukan apa-apa. Artinya, mereka akan senantiasa terpacu untuk terus meningkatkan kemampuannya dengan cara belajar keras.

3. Komunikasi

Bekal ketiga adalah kemampuan berkomunikasi atau menyampaikan gagasan. Kepandaian ini akan lebih mudah diperoleh jika sejak dini anak telah dilatih untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya.

Keterampilan mengungkapkan pesan atau gagasan ini tidak melulu dalam bentuk kecakapan verbal, tetapi juga melalui bentuk lain semisal melalui musik, lukisan, atau tulisan.*

KOMENTAR

Nama

Foto Viral,3,Internasional,2,Nasional,11,Regional,7,Tips Viral,23,Trend Lifestyle,16,Trend Selebriti,13,Trending Now,38,Trending Topic,21,Video Viral,2,
ltr
item
Viral Trend: Panduan Praktis Meningkatkan Kreatifitas Anak
Panduan Praktis Meningkatkan Kreatifitas Anak
Panduan praktis bagi orang tua agar dapat meningkatkan kreatifitas anak sebagai bekalnya untuk menghadapi masa depan.
https://1.bp.blogspot.com/-yvEyLc4eRFM/XpWaQ0OmMiI/AAAAAAAAAII/MJEjodvJlX42VEgHMaKuKLjDHCPzaBUcACLcBGAsYHQ/s640/Panduan%2BPraktis%2BMeningkatkan%2BDaya%2BKreatifitas%2BAnak.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-yvEyLc4eRFM/XpWaQ0OmMiI/AAAAAAAAAII/MJEjodvJlX42VEgHMaKuKLjDHCPzaBUcACLcBGAsYHQ/s72-c/Panduan%2BPraktis%2BMeningkatkan%2BDaya%2BKreatifitas%2BAnak.jpg
Viral Trend
https://viral.kliktrend.com/2020/04/panduan-meningkatkan-kreatifitas-anak.html
https://viral.kliktrend.com/
https://viral.kliktrend.com/
https://viral.kliktrend.com/2020/04/panduan-meningkatkan-kreatifitas-anak.html
true
2113424021955600201
UTF-8
Semua Artikel Tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA TOPIK ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Salin semua kode Seleksi semua kode Semua kode telah disalin Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi