5 Persiapan Wajib Sebelum Bicara di Depan Umum

Lima persiapan wajib sebelum berbicara di depan umum agar dapat tampil maksimal menyampaikan topik kepada audiens secara baik dan menarik.

5 Persiapan Wajib Sebelum Bicara di Depan Umum

Tips Viral - Apa yang pertama Anda rasakan saat diminta berbicara di depan umum? Entah itu seminar, rapat bulanan, atau hanya sekadar pesta ulang tahun seorang teman. Banyak orang yang mengeluh kesulitan saat diminta untuk berbicara di hadapan orang banyak.

Ada yang mengaku bingung, takut, minder, atau malu bercampur jadi satu. Apalagi, jika Anda memang tak berpengalaman berbicara di depan umum sebelumnya.

Memang, berbicara di depan umum, bukan kecakapan yang langsung begitu saja diperoleh. Karena tidak terbiasa dan minim persiapan, tidak setiap orang dapat melakukannya dengan baik.

Namun, kemampuan tersebut sebenarnya bisa dipelajari. Nah, di bawah ini ada beberapa tips untuk membuat diri Anda menjadi seorang pembicara andal di depan umum.

ViralJurus Jitu Menarik Perhatian Atasan di Kantor

1. Siapkan Topik yang Akan Disampaikan

Siapkan Topik yang Akan Disampaikan
Ilustrasi - Ist.
Hal pertama harus Anda punyai adalah konsep yang jelas tentang topik yang akan Anda sampaikan. Buat kerangka acuan sederhana, mengenai urut-urutan penyampaian Anda saat berbicara.

Agar materinya bisa lebih menarik perhatian audiens, Anda bisa memperkaya diri dengan membaca buku, koran, maupun berdiskusi dengan orang yang ahli di bidangnya.

Dengan begitu, selain lebih menarik, materi yang Anda bawakan pun akan lebih mengenai sasaran, karena materinya tak hanya berasal dari sudut pandang Anda, tetapi diperkaya oleh sumber-sumber lain.

2. Kenali Latar Belakang Audiens

Kenali Latar Belakang Audiens
Ilustrasi - Ist.
Anda tentu tak bisa menyamaratakan semua audiens Anda. Ingat, tipe, karakter, dan latar belakang mereka akan mempengaruhi cara dan gaya bicara Anda. Tentu saja, Anda harus secara cermat mengetahui perbedaan latar belakang budaya, pendidikan, jenis kelamin serta status sosialnya.

Hal ini akan membedakan pula bagaimana Anda harus berbicara di depan mereka. Karena itu, Anda sebaiknya mengenali dulu, siapa audiens yang akan hadir saat Anda berbicara nanti.

Hal yang harus diingat adalah, berbicara di forum resmi berbeda dengan berbicara di forum tak resmi. Karena itu, Anda harus lebih cermat dalam mempersiapkan cara serta gaya Anda dalam berpidato.

Semakin Anda mengenal siapa audiens Anda, Anda akan dapat menyesuaikan apa yang ingin Anda sampaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh audiens. Tolok ukur keberhasilan Anda adalah kepuasan audiens, merekalah yang nanti menentukan apakah Anda berhasil atau tidak.

ViralTips Sukses Menjadi Agen Asuransi

3. Berlatih di Depan Cermin

Berlatih di Depan Cermin
Ilustrasi - Ist.
Ini perlu dilakukan untuk dapat melihat penampilan diri Anda sendiri sebelum tampil di forum yang sesungguhnya. Berlatih di depan cermin sebenarnya merupakan sarana bagi Anda untuk lebih mengetahui bahasa tubuh Anda.

Misalnya, mimik muka, cara Anda berdiri, membuka mulut, menggerakkan tangan, dan sebagainya. Dengan berlatih di depan cermin, Anda akan belajar membentuk bahasa tubuh Anda (body language) agar lebih komunikatif dan menunjang bahasa tubuh verbal Anda.

Bagaimanapun juga, audiens tentu tak hanya mengharapkan Anda dapat berbicara berapi-api, tetapi juga bagaimana olah tubuh Anda saat berbicara. Bahasa tubuh yang dapat membuat audiens Anda merasa puas, meski sebetulnya materi yang Anda sampaikan biasa-biasa saja.

Bayangkan jika Anda hanya berdiri kaku atau duduk diam, tanpa ekspresi dan olah tubuh, saat berbicara di depan banyak orang. Tentu, mereka akan mengantuk karena gaya Anda yang monoton dan membosankan.

Karenanya, kemampuan Anda dalam mengemas dan menserasikan bahasa verbal ke dalam bahasa tubuh, merupakan salahs atu faktor kunci saat berbicara di depan umum. Berlatihlah di depan cermin dengan sungguh-sungguh.

4. Adakan Try Out 

Adakan Try Out
Ilustrasi - Ist.
Sebelum benar-benar tampil di depan umum, tak ada salahnya Anda melakukan try out terlebih dulu. Tentu, Anda harus ciptakan situasi yang menyerupai suasana sebenarnya. Bisa saja Anda mengundang anggota keluarga, teman, atau tetangga dekat Anda untuk pura-pura menjadi audiens.

Ingat, meski hanya try out dan audiensnya pun orang-orang yang sudah Anda kenal baik, Anda harus bersikap serius, seolah-olah Anda tampil di muka forum yang sesungguhnya. Karena itu, persiapkan masak-masak sebelumnya.

Uji coba ini sebenarnya merupakan sarana bagi Anda untuk menerima umpan balik (feed back) dari audiens. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk minta pendapat, kritikan, serta masukan dari para peserta try out, supaya Anda tahu faktor-faktor apa yang masih perlu Anda perbaiki.

Nah, usai try out, Anda pun harus berdiskusi dengan audiens Anda. Kalau perlu, mintalah mereka untuk memberikan penilaian tentang penampilan Anda. Dengan begitu, saat nantinya Anda betul-betul tampil di forum yang sesungguhnya, semua kekurangan tersebut sudah Anda perbaiki.

Tak ada salahnya meminta pendapat atau saran dari mereka bagaimana cara untuk memperbaiki kekurangan Anda.  Tanyakan kepada mereka, hal-hal mana saja yang perlu dikembangkan lagi, baik dari segi materi, penampilan atau gaya bicara agar nantinya Anda dapat tampil maksimal.

5. Buatlah Catatan Kecil

Buatlah Catatan Kecil
Ilustrasi - Ist.
Banyak di antara kita yang merasa malu dan gengsi membawa catatan kecil saat berpidato. Anggapan ini muncul karena dengan membawa catatan kecil seolah-olah menunjukkan ketidakmampuan Anda.

Padahal, tujuan utama membawa catatan kecil adalah supaya tidak ada materi atau pembicaraan yang terlupakan atau terlewatkan. Perlu juga Anda ingat, dengan catatan kecil, kepercayaan diri Anda akan bertambah karena Anda merasa punya pegangan.

Tentu, catatan kecil tak harus berisi detail apa-apa yang akan Anda sampaikan. Cukup poin-poin yang perlu saja. Kalau semua Anda tulis, Anda tentu tak akan dapat melakukan komunikasi dengan audiens Anda. Anda cenderung hanya akan membaca teks.

Catatan kecil juga dapat menjadi pengingat agar Anda bisa konsisten menyampaikan urutan topik pembicaraan dalam waktu yang disediakan. Dengan begitu Anda dapat berbicara dengan runut, terarah dan tepat waktu.*

KOMENTAR

Nama

Foto Viral,3,Internasional,2,Nasional,11,Regional,7,Tips Viral,23,Trend Lifestyle,16,Trend Selebriti,13,Trending Now,38,Trending Topic,21,Video Viral,2,
ltr
item
Viral Trend: 5 Persiapan Wajib Sebelum Bicara di Depan Umum
5 Persiapan Wajib Sebelum Bicara di Depan Umum
Lima persiapan wajib sebelum berbicara di depan umum agar dapat tampil maksimal menyampaikan topik kepada audiens secara baik dan menarik.
https://1.bp.blogspot.com/-a711zQ3nymA/XpVgP0WNnmI/AAAAAAAAAKM/E2wH5sQTHsYVQYgyY6bUmy51hAwQTXUJwCLcBGAsYHQ/s640/5%2BPersiapan%2BWajib%2BSebelum%2BBicara%2Bdi%2BDepan%2BUmum.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-a711zQ3nymA/XpVgP0WNnmI/AAAAAAAAAKM/E2wH5sQTHsYVQYgyY6bUmy51hAwQTXUJwCLcBGAsYHQ/s72-c/5%2BPersiapan%2BWajib%2BSebelum%2BBicara%2Bdi%2BDepan%2BUmum.jpg
Viral Trend
https://viral.kliktrend.com/2020/04/persiapan-sebelum-bicara-di-depan-umum.html
https://viral.kliktrend.com/
https://viral.kliktrend.com/
https://viral.kliktrend.com/2020/04/persiapan-sebelum-bicara-di-depan-umum.html
true
2113424021955600201
UTF-8
Semua Artikel Tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA TOPIK ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Artikel yang Anda cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Salin semua kode Seleksi semua kode Semua kode telah disalin Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi